logoblog

Cari

Tutup Iklan

"Mol Nasi" Inovasi Untuk Mengurangi Sampah Rumah Tangga

Limbah merupakan salah satu bahan pencemar bagi lingkungan, tetapi jika dimanfaatkan dan diolah secara bijak maka akan menghasilkan suatu barang yang

Inovasi Mahasiswa/Pelajar

KM Hendra Sasdi
Oleh KM Hendra Sasdi
15 Desember, 2017 09:25:51
Inovasi Mahasiswa/Pelajar
Komentar: 0
Dibaca: 2852 Kali

Limbah merupakan salah satu bahan pencemar bagi lingkungan, tetapi jika dimanfaatkan dan diolah secara bijak maka akan menghasilkan suatu barang yang bermanfaat dan bernilai ekonomis tinggi. Inilah metode 3R (reduce, rause, recycle) yang diterapkan di dalam metode pengolahan limbah. Salah satu limbah yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari adalah nasi yang sudah basi. Nasi yang sudah basi ini, jika dibuang secara sembarangan dapat menimbulkan aroma tidak sedap dan lingkungan menjadi kotor. Tetapi jika di olah secara baik dan benar akan menjadi barang yang sangat bermanfaat.

IMG20171215071325.jpg

HMTL UNU NTB biasa mengolah limbah rumah tangga salah satunya nasi yang sudah basi menjadi MOL (Microorganisme Lokal). MOL adalah biokavator atau bakteri pengurai yang dapat mempercepat produksi dalam pembuatan kompos ( pupuk organic) dan salah satu bahan baku dalam pembuatan pestisida (organic). Yang mana produk dari MOL ini sangat berguna bagi kebutuhan pertanian, karena memgunakan bahan-bahan organik sehingga dapat memperbaiki kondisi tanah dan memberikan efek organik pada tanaman karena tidak menggunakan bahan kimia sedikitpun.

 

Baca Juga :


Pembuatan MOL tidak terlalu susah dan tidak mengeluarkan banyak biaya bahkan bisa disebut tanpa biaya, karena menggunakan bahan-bahan dari rumah tangga. Dengan bermodalkan nasi yang sudah basi, air cucian beras, air, serta molase atau tetes tebu yang bisa digantikan juga dengan gula pasir atau gula merah. Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuat MOL hanya menunngu seitar 7-14 hari maka MOL siap diaplikasikan dalam pembuatan kompos dan pestisida (organic).



 
KM Hendra Sasdi

KM Hendra Sasdi

MAHENDRA SASTRA DINATA SEMPUR 08 APRIL 1999 DESA AIKPERAPA MAHASISWA UNU NTB TEKNIK LINGKUNGAN fb. hendra al ahmadi 085338670113

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan