logoblog

Cari

Tutup Iklan

kesuksesan dengan 3 A

kesuksesan dengan 3 A

 KESUKSESAN DENGAN 3A Kata sukses ini merupakan keinginan bahkan dambaan semua orang ,sering  kali kita melihat, setiap orang ingin selalu menjadi sukses

Inovasi Mahasiswa/Pelajar

Muhammad Zikri al waringi
Oleh Muhammad Zikri al waringi
08 Oktober, 2017 10:13:06
Inovasi Mahasiswa/Pelajar
Komentar: 0
Dibaca: 1870 Kali

 KESUKSESAN DENGAN 3A

Kata sukses ini merupakan keinginan bahkan dambaan semua orang ,sering  kali kita melihat, setiap orang ingin selalu menjadi sukses dalam semua hal, misalnya dalam dunia bisnis semua orang ingin sukses dalam menjalankan bisnisnya, dalam dunia pendidikan dikampus semua para mahasiswa ingin menjadi sukses, dalam segi apapun semua orang pasti ingin yang namanya sukses. Sehingga dalam menempuh kesuksesan tersebut bukanlah hal yang gampang dan mudah, tetapi di dalam nya terdapat berbagai macam warna-warni ujian yang akan kita jalani  yang menuntut kita untuk berusaha menghadapi dan menyelesaikan masalah dan ujian itu dengan semaksimal mungkin, sehingga nantinya ketika kita sudah mampu menghadapi rintangan demi rintangan, duri-duri kehidupan maka kita akan mampu merasakan kesuksesan itu.

Sehingga dalam pencapaian kesuksesan itu, ada hal perlu kita perhatikan dan jalani, khususnya sukses dalam dunia pendidikan. Suatu ketika di saat saya mengikuti sebuah ta’lim di ma’had ada seorang ustad yang menyampaikan cara dan kiat-kiat kita dalam mencapai kesuksesan itu khususnya dalam dunia pendidikan ,dan menurut beliau ada 3 hal yang harus kita perhatikan dalam memperoleh kesuksesan dalam dunia pendidikan, ketiga hal tersebut sangat simpel yaitu :3A, masih penasaran dengan 3 A ?????????

Kita akan bahas satu persatu, A yang pertama adalah ansitu, ansitu merupakan kata arab yang mempunyai arti perhatikanlah, sehingga dari sisnilah dapat kita pahami bahwasanya ada hal-hal yang harus kita perhatiakan terutama niat kita dalam menuntut ilmu itu, tatacara dan etika kita dalam menuntut ilmu itu .sehingga nantinya ketika semua hal-hal yang perlu dan kita laksanakan maka itu memberikan peluang bagi kita dalam mendapat kan apa yang kita inginkan itu ,dan ini baru langkah pertama yang harus kita lewati dan lalui .

Selanjut nya A yang kedua adalah asma’u,  asma’u juga merupakan kata arab yang berarti mendengarkan, setiap orang mesti dalam menerima pembicaraan seseorang itu berbeda cara pandangnya, sama hal ketika ada seorang dosen yang menyampaikan materi pelajaran kepada para mahasiswa nya, dan kita yakin semua mahasiswa mendengarkan apa yang disampaikan oleh dosen, akan tetapi permasalahan berapa persenkah mahasiswa yang mampu mencerna dan memahami akan penjelasan dosen tersebut, karna itulah ketika kita mendengarkan dengan baik akan penjelasan demi penjelasan yang di sampaikan dosen kepada kita, maka hal tersebut bisa terjadi mungkin dari dosennya yang dak bisa menyampaikan dengan baik, atau mungkin dari mahasiswa nya yang dak siap menerima materi, sehingga inilah masalah yang perlu kita selesaikan, sehingga antara dosen dengan mahasiswa nya menghasilkan interaksi yang baik yang mampu membentuk sinergi keilmuan diantara keduanya, ini tahap yang kedua.

 

Baca Juga :


Selanjutnya A yang ketiga adalah ati’u, ati’u berasal dari bahasa arab yang berarti mentaati. Mentaati di sini memiliki arti yang sangat banyak dalam artian taat kepada guru, taat kepada orang tua, taat kepada pemimpin, yang paling kita taati adalah Sang Pencipta seluruh alam jagad raya, yang maha perkasa lagi maha bijaksana. Dari poin A yang ketiga ini merupakan akhir dari poin yang yang lainnya karena pd intinya yang memberikan kepahaman kepada ilmu adalah Allah ,karna allah lah yang memiliki ilmu itu, dan kita sebagai makhluk nya hanya bisa berusaha dan berdoa semoga Allah memberikan kita kepahaman yang mendalam kepada suatu ilmu. sehingga dari sinilah perlu kita perhatikan akan hubungan kita kepada sang kholik dan pemilik ilmu itu, taatkah kita kepadanya dan apakah kita  selalu berserah diri kepada nya. semoga 3 A ini dapat kita perhatiakan dan kita amalkan .amiin ya robbal alamin. Ingatkah kita kepada tulisan ini yang mengatakan

BY:MOH.ZIKRI AL-IHSANI  



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan